Apa itu Geotextile? kenapa fungsi komponen ini sangat penting?



Geotextile

Geotextile adalah kain permeabel bila digunakan didalam tanah akan memiliki kemampuan untuk memisahkan, menyaring, memperkuat, melindungi dan menguras. Geotextile terbuat dari benang plastik memungkinkan air bisa mengalir. Geotextile memisahkan tanah mendasari permukaan. Hal ini memungkinkan tumpahan air terorganisir lalu bisa mencegah tanah di sekitarnya oleh longsor. 2 jenis geotextile yaitu geotextile woven dan non woven.

Tanpa geotextile tanah akan bergerak dan bisa menyebabkan longsor. Ini adalah proses jangka panjang terjadi ketika tanah tercampur air atau selama periode pencairan. Geotextile menghentikan proses ini lalu memperpanjang umur dasar tanah selama bertahun-tahun. Geotextile direkomendasikan untuk digunakan pada permukaan lumpur dan tanah liat permukaan geotextile ini tidak penting kedalaman tanah berpasir.


Komposit geotextile adalah produk yang sedang diperkenalkan oleh banyak perusahaan, produk seperti geogrid. Secara umum semua materi ini disebut sebagai Geosynthetic dan konfigurasi  geonets, geogrid dan lain-lain dapat menghasilkan manfaat didalam rancangan desain geoteknik pada lingkungan.

sumber : ricomustafas.wordpress.com/

3 comments:

  1. hebat ya lembaran plastik jadi kunci dalam membuat jalanan agar terhindar dari longsor

    ReplyDelete
  2. Informasinya sangat menarik dan sangat membantu untuk mereka yang sedang mencari info tentang bahan bangunan geotextile ini.

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  3. he..? jadi ini tah,saya malah baru tau ini, ternyata Geo textile kegunanya kaya gini jenis jenisnya juga baru tai ada woven non woven, walau saudara saya kerja di pabrik ginian tapi dia gk pernah ngejelasin
    thanks gan

    ReplyDelete